Searching...
Jumat, 21 Februari 2014

Smartphone Ubuntu Meluncur pada 2014

10:18
Dua vendor dari Cina bakal meluncurkan smartphone bersistem operasi Ubuntu tahun ini.
Smartphone bersistem operasi Linux Ubuntu versi mobile akan diluncurkan tahun ini. BQ dan Meizu, keduanya dari Cina, yang akan memproduksinya. Demikian menurut Mark Shuttleworth, CEO Canonical.
Belum dijelaskan secara detil mengenai spesifikasinya, tetapi diinformasikan bahwa BQ akan membuat smartphonetersebut dengan dual-SIM, sementara Meizu  menyediakan sistem dual-boot, yaitu Ubuntu dan Android. Keduanya akan dipamerkan di Mobile World Congress di Barcelona minggu depan.
Selama ini Ubuntu dikenal sebagai sistem operasi Linux untuk PC desktop dan server. Canonical, yang merupakan vendor distribusi Ubuntu, pertama merencanakan Ubuntu untuk peranti mobile pada awal tahun 2013 lalu.
Pada pertengahan 2013 Canonical pernah meluncurkan crowd-funding project untuk membuat smartphonebersistem operasi Ubuntu, yaitu Ubuntu Edge. Kampanye dilakukan secara besar-besaran, dengan target dana $32 juta. Tetapi sampai batas waktu yang ditentukan, dana baru terkumpul $13 juta. Sehingga proyek ini tidak diteruskan.
Kesediaan pembuat smartphone dari Cina tersebut menjadi angin surga baru bagi Ubuntu versi mobile. Walaupun demikian memang tidak mudah melawan dominasi Android dan iOS yang menguasai 94% pasar. Selebihnya, menurut Gartner, 5% pasar dikuasai oleh Microsoft Windows Phone dan BlackBerry OS, dan lainnya 1%.
sumber : http://www.infokomputer.com/

Nama Spoiler
Simpan Gambar, Media, atau Tulisan Yang Ingin Di Spoiler Disini....!

0 Komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar Anda disini....